Pasang Iklan

Whatsapp : 0822 5516 1055

Total Pengunjung

Wednesday 1 July 2015

BAHAN WEBSITE

Oke, saya cukupi kalimat pembukanya. Sekarang kita langsung mulai membahas satu per satu bahan dasar apa saja yang biasa saya gunakan untuk membuat sebuah website dari nol.

1. BOOTSTRAP

bootstrap
Bootstrap is the most popular HTML, CSS, and JS framework for developing responsive, mobile first projects on the web.
Bootstrap adalah senjata andalan saya ketika harus membuat website dengan responsive layout (mobile friendly). Dengan bantuan Bootstrap, kita tidak perlu pusing-pusing untuk mengatur layout dan komponen-komponen dasar seperti tombol, form, panel, progress bar, dan lain sebagainya.

2. BOOTSWATCH

bootswatch
Setelah memasukkan Bootstrap ke dalam ‘adonan’ website yang saya buat, biasanya saya langsung mencampurnya denganBootswatch. Bootswatch adalah theme gratis untuk Bootstrap. Dengan kata lain, Bootswatch adalah pemanis tampilan dari Bootstrap. Dengan bantuan teman kita yang satu ini, tampilan website akan semakin menarik dan indah untuk dipandang. :)

3. FONT AWESOME

font-awesome
Selanjutnya, senjata rahasia saya dalam mendesign sebuah website adalah Font Ganteng alias Font Awesome. Ini adalah CSS toolkit untuk menampilkan icon-icon menarik di website yang akan kita buat. Dengan bantuan Font Awesome, kita tidak perlu repot-repot lagi berburu icon untuk website. Kita tinggal nyontek di gallery nya, kemudian ketikkan shortcode nya. Seperti apa contoh shortcodenya? Untuk detilnya silakan mengunjungi web resminya. Pembahasan detil akan saya tulis dalam posting berikutnya. Kali ini kita membahas garis besarnya dulu. :)

4. JQUERY VALIDATION

jQVP
Yang satu ini adalah senjata yang selalu saya gunakan untuk memvalidasi sebuah form. Misal ketika dalam sebuah inputan, kolom nama wajib diisi, kolom email wajib diisi dengan format email, kolom harga wajib diisi dengan number, dan lain sebagainya. Dengan jQuery Validation ini, kita dapat dengan mudah melakukan validasi terhadap data-data yang diinputkan oleh user.

5. BOOTSTRAP DATETIMEPICKER

bootstrap-datetimepicker
Ketika harus bermain-main dengan pertanggalan alias kalender, maka saya biasanya menggunakan Bootstrap Datetimepicker. Function yang disediakan menurut saya cukup lengkap, termasuk diantaranya yang sering saya gunakan adalah penggunaan format locale alias nama Bulan dan Hari menggunakan bahasa Indonesia. Untuk mengintip list function lengkap yang disediakan oleh Bootstrap Datetimepicker, silakan langsung berkunjung ke sini.

6. MORRIS CHART (MORRIS.JS)

screenshot-morrisjs.github.io 2015-07-01 12-52-53
Jika harus berurusan dengan Chart alias Grafik, morris.js ini adalah senjata andalan saya. Morris menyediakan berbagai jenis chart standar diantaranya Pie Chart, Line Chart, Area Chart dan Bar Chart. So far, jika permintaan client tidak terlalu ekstrim, saya merasa cukup dengan memanfaatkan morris.js ini. Fiturnya lumayan lengkap dan bisa memenuhi kebutuhan standar dunia per grafik-an. :)

7. DATATABLES

datatables
Saat harus berurusan dengan Table dengan data yang lumayan banyak, perlu pagination, custom sort atau dynamic search, salah satu referensi terbaik yang bisa saya ajukan adalah DataTables. Ini adalah plugin yang dibuat khusus untuk menangani Table yang dibuat dengan jQuery. Jika tidak ingin repot-repot membuat dan mengolah data di dalam sebuah table, mungkin senjata rahasia yang satu ini bisa dijadikan referensi.

8. CKEDITOR

ckeditor
Ingin membuat textarea menjadi text editor seperti Microsoft Word, WordPress atau Blogger? Mungkin yang satu ini bisa jadi senjata andalan. CKEditor juga salah satu senjata andalan saya ketika membuat website dengan fitur blog dan sejenisnya. Dan yang pasti, ini juga gratis. :)


0 komentar:

Popular Posts

@jablayInside. Powered by Blogger.
Scroll To Top